27 Nov 2009

Berbahaya! Bumi Menuju Pemanasan hingga 6 Derajat Celsius

(Dari Mailinglist PG)
Penelitian baru yang komprehensif oleh Proyek Karbon Global (GCP) menunjukkan bahwa antara tahun 2000 dan 2008, emisi karbon atmosferik mengalami peningkatan yang mengkhawatirkan sebesar 29%. Jika hal ini berlanjut, umat manusia akan menghadapi kenaikan temperatur 6 derajat Celsius pada awal abad ini.

Temuan dari penelitian ini diperkuat oleh laporan dari Kantor Meteorologi Inggris yang didanai oleh Komisi Eropa, yang juga meramalkan kenaikan temperatur yang tinggi bagi Eropa yang akan berdampak pada produksi makanan, industri, dan kelangsungan hidup manusia.

Ramalannya termasuk gelombang panas musim panas yang dapat membunuh ribuan orang seperti tahun 2003, yang diikuti dengan tanaman pokok yang dapat diserang hama atau tidak dapat tumbuh. Banjir dan badai ekstrem akan terus meningkat, yang akan memakan biaya kesehatan mental, fisik, dan juga biaya finansial.

Selain itu, di wilayah Arktik, temperatur dapat meningkat hingga 10 derajat Celsius, menyebabkan pencairan permafrost secara besar-besaran dan melepaskan gas rumah kaca yang dapat dengan mudah memicu pemanasan global yang tak dapat dihentikan.

Kepala ilmuwan dari kedua penelitian menekankan bahwa potensi merusak ini merupakan sinyal lain tentang perlunya komitmen kuat dari para pemimpin dunia di konferensi iklim Kopenhagen mendatang.
Tanggapan Prasasto Satwiko, Ir., M.Build.Sc., Ph.D.
Professor Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta :
Saya sedang berada di Adelaide.

Dua minggu lalu kami mengalami hari panas di bulan November (spring) yang memecahkan record, 43C. Kalau Anda membuka oven sehabis memasak, atau berada di dekat penuangan besi cair, ya seperti itulah kira-kira. Sungguh pengalaman yang menyiksa, apalagi apartemen kami tidak berAC.

Sas

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty