23 Oct 2009

Kemeriahan 'The World Vegetarian Day 2009'

Devita Sari - detikFood
Jakarta - Pola hidup vegetarian yang menyehatkan kini telah menjadi trend dan dianut oleh jutaan orang termasuk di Indonesia. Tak heran 'The World Vegetarian Day 2009' tampil meriah dan dibanjiri pengunjung. Sejumlah bazar makanan vegetarian, seminar vegetarian, lomba hingga parade anak sehat vegetarian pun turut digelar!

Bukan pertama kalinya IVS menggelar 'The World Vegetarian Day'. Acara tahunan yang kali ini mengambil tema "Vegetarian Sehat Untuk Anda Sehat Untuk Bumi", diselenggarakan pada tanggal 17-18 Oktober 2009 dan bertempat di Atrium Hall, Mal Taman Palem.

Apa yang dimaksud dengan IVS? "IVS merupakan singkatan dari Indonesian Vegetarian Society yitu sebuah wadah untuk mensosialisasikan kehidupan vegetarian di Indonesia. Organisasi ini berdiri sejak 1998 dan sudah memiliki 50 branch yang tersebar di seluruh Indonesia dengan sekitar 80.000 anggota," terang Meyrik Alda Sumantri, ketua umum IVS.

Puncak acara 'The World Vegetarian Day' digelar pada hari Minggu (18/10/2009) dan dibuka oleh pidato singkat dari Meyrik Alda Sumantri selaku ketua umum IVS. Kemudian dilanjutkan dengan sejumlah seminar dan talkshow interaktif dengan pengunjung seputar gaya hidup vegetarian.

"Saat ini kami ingin mengajak 4 kelompok umur yang rawan gizi untuk mengikuti pola hidup vegetarian. Empat kelompok umur tersebut ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan lansia. Nah, lewat seminar nanti akan dijelaskan bahwa semua orang bisa menjadi vegetarian tampa perlu khawatir kekurangan gizi," jelas Drs. Susianto, MKM selaku Chief Operation Officer International Vegetarian Union Regional saat ditanya tentang tema seminar yang diangkat kali ini.

Acara seminar pun diselingi dengan pengumuman lomba mewarnai oleh anak-anak vegetarian tingkat TK dan Sekolah Dasar, serta parade anak-anak vegetarian. Tak hanya medical check up gratis dan lebih dari dua puluh stand yang terdiri dari restoran vegetarian dari seluruh Jakarta ikut berpartisipasi memeriahkan event ini.

Stand-stand makanan vegetarian yang digelar di lantai 2 menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung mal maupun anggota IVS yang hadir. Sebagai alat transaksi digunakan kupon senilai Rp 5000,00 dan Rp 10.000,00 yang bisa dibeli di stand khusus. "Saya mengira makanan vegetarian tidak enak dan tawar tetapi setelah mencoba jadi ketagihan dan sehat pula," komentar salah seorang pengunjung yang sedang menikmati mi ayam vegetarian.

"Kami berharap dengan sosialiasi semacam ini lebih banyak lagi yang mengikuti gaya hidup vegetarian ini. Dengan menjadi vegetarian seseorang tidak hanya menjadi sehat dan meningkatkan kecerdasan. Vegetarian juga membuat kita hidup seimbang dengan mencintai alam dan hewan," imbuh Meyrick.
( dev / Odi )

Foto terkait Bazar & Seminar 'Vegetarian Day 2009' klik di sini

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty