21 Oct 2009

Kalsium Mempunyai Banyak Peran Dalam Proses Pertumbuhan

Era Baru News
Jayapura - Seorang dokter spesialis anak, mengatakan bahwa Kalsium memiliki banyak fungsi vital di dalam tubuh dan berperan antara lain dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi.
Kalsium juga berperan dalam mengatasi proses pembekuan darah, mengefetifkan fungsi kerja otot-otot termasuk otot jantung, metabolisme tingkat sel, sistem pernafasan, dan sebagainya.
"Begitu pentingnya kalsium bagi proses di dalam tubuh, maka pemenuhan kebutuhan akan kalsium adalah amat penting," kata seorang dokter spesialis anak, Dr. Lina Hernata, SpA, di Jayapura, Sabtu (17/10).
Lina katakan, sebanyak 99% kandungan kalsium di dalam tubuh berada di tulang, maka proses pertumbuhan tulang amat sensitif terhadap kandungan kalsium di dalam tubuh secara keseluruhan, sayangnya didalam diet makanan anak secara umum masih mengandung rendah kalsium.
Menurut Lina, perlu diupayakan peningkatan asupan kalsium melalui sumber/jenis makanan yang lain, diantaranya dalam bentuk makanan ringan yang memberi gizi tinggi.
"Sumber lain kalsium dapat berasal dari sumber nabati seperti, sayuran daun hijau, biji-bijian (kenari, wijen, almond), dan kacang-kacangan (dan olahannya) seperti kedelai, kacang merah dan kacang polo," jelasnya.
Lina menjelaskan bahwa, kebutuhan kalsium bagi anak-anak adalah bervariasi sesuai dengan usianya. "Semakin bertambah usianya maka kebutuhan akan kalsium semakin meningkat," katanya.
Jika pemenuhan asupan terganggu, maka akan muncul gejala-gejala yang timbul akibat kekurangan kalsium, diataranya adalah akan timbul gejala lesu, lemah, berkeringat, kram otot, nyeri perut, gangguan tidur, kejang pembentukan tulang tidak optimal, tulang keropos (osteoporosis), Proses pembekuan darah terganggu dan lain-lain.
"Gejala yang timbul tersebut bila berlangsung terus menerus/kronis maka akan mempengaruhi proses tumbuh kembang anak menjadi tidak optimal," tandasnya.
Mengingat betapa vitalnya peran kalsium dalam proses pembentukan anak, maka seyogyanya kita memenuhi kebutuhan asupan yang mengandung kalsium sesuai kebutuhan tiap anak didalam dietnya sehari-hari.
Selain dari diet utamanya, asupan tambahan lain yang berasal dari makanan ringan/pendampingan dapat diberikan.
"Makanan pendamping/ ringan yang diberikan seharusnya yang sehat dan mengandung zat gizi yang bermanfaat, diantaranya yang mengandung vitamin, mineral seperti kalsium yang cukup, dan sebagainya," ujarnya.
Dengan pemenuhan akan asupan nutrisi yang optimal, diharapkan proses pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal, dan berkualitas, yang akan menjadikan mereka sebagai generasi penerus yang dapat mengharumkan nama bangsanya.(ant/yan)

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty