9 Apr 2009

Darah Rendah

Pertanyaan :

Saya ingin mencari solusi medis tentang darah rendah pada para vegetarian. Ada 2 orang kenalan saya yang sudah menjadi vegetarian tapi akhirnya kembali makan daging lagi karena menderita darah rendah. Pertanyaan saya, jika punya darah rendah apakah boleh tetap vegetarian?

Terima kasih,
Anita

dr. hendry Widjaja, MKM menjawab :
Darah rendah sebenarnya tidak menjadi masalah kalau tidak ada keluhan karena justru darah rendah juga mempunyai resiko penyakit jantung yang lebih rendah. Namun apabila sudah mengganggu sekali, mungkin anda bisa mencoba memakan buah delima dan mencoba berolahraga secara teratur. Dan juga berhati-hatilah setiap saat anda berubah posisi seperti dari tidur ke bangun atau duduk ke berdiri, hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru.
Salam, dr. Hendry Widjaja, MKM
Pengalaman Rustamadi "Rustamadi Drs" dari
infovegetarian@yahoogroups.com Tuesday,October 03, 2006
Saya ingin berbagi pengalaman. Saya vegetarian selama 23 tahun. Saya juga punya tekanan darah rendah. Dari pengalaman dan literatur yang saya ketahui, sejauh ini yang praktis dan cukup efektif adalah minum jahe. Frekwensinya tergantung kebutuhan, tidak masalah karena aman, bahkan dalam keadaan darurat, iris jahe tipis-tipis, celupkan ke dalam madu, kunyah (setelah kunyah dibuang), efeknya akan terasa segar. Anehnya, banyak orang yang tidak tahu resep sederhana ini, sekalipun pakar kesehatan. Tekanan darah rendah ( TDR ) jangan dianggap enteng, bisa berbahaya. Ada seseorang yang menabrak mobil orang lain karena tiba-tiba tekanan darahnya turun, juga olahraga beban bisa menaikkan tekanan darah, push-up misalnya. Bisa dikonsultasikan dengan pakar olahraga. Informasi lain akan saya susulkan kalau anda bisa mengirimkan alamat lengkap. Penting untuk diketahui bahwa makan daging untuk solusi mengatasi darah rendah adalah tidak tepat, karena banyak juga non vegetarian yang TDR. Yang perlu kita cari adalah solusi yang lebih rasional dan jangka panjang. Sekian dulu semoga bermanfaat.
Salam
Rustamadi

1 comment:

  1. Sebagai langkah awal mengatasi kurang darah, Anda bisa memilih cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Dikutip dari Health Me Up, berikut ini makanan terbaik mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi.

    1. Kacang-kacangan
    Penelitian di Harvard Heart Letter merekomendasikan untuk memakan kacang-kacangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah Anda naik. Jadi, jangan lupa memasukan buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau ke dalam daftar menu harian Anda.

    2. Air Mineral
    Dehidrasi terjadi ketika jumlah cairan di tubuh berkurang dan tidak diganti oleh cairan lain. Berkurangnya jumlah cairan di tubuh turut mempengaruhi nilai tekanan darah, karenanya salah satu cara menaikkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi air. Minum air putih kurang lebih sekitar 8 hingga 10 gelas per hari.

    3. Bayam
    Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi mereka dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.

    4. Roti, Havermut, dan Sereal
    Makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukan ke dalam daftar diet Anda. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena risiko tekanan darah rendah.

    Sumber http://m.detik.com/wolipop/read/2012/08/28/193526/2001483/1135/atasi-tekanan-darah-rendah-dengan-konsumsi-5-makanan-ini

    ReplyDelete

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty