1 Apr 2009

Beda Warna, Beda Khasiat (1)

Oleh : Laili Damayanti
Beragam warna buah dan sayuran ternyata tak hanya indah dipandang saja. Namun, di balik warnanya juga membawa manfaat yang berbeda bagi kesehatan. Apa saja manfaat buah dan sayuran berdasarkan warnanya?
Coba perhatikan buah dan sayuran segar yang berjajar beraneka warna di bagian fresh ingredients di supermarket langganan Anda, amat menarik dan menyenangkan untuk dilihat berlama-lama sebelum membelinya. Menurut penelitian, spektrum warna yang dipancarkan dari produk (bahan makanan) alami memang memiliki efek anti stres pada manusia.
Namun, ternyata warna indah pada bahan makanan ini tak hanya dapat dinikmati oleh mata saja, lho! Di balik beraneka warna menarik yang dimiliknya, bahan makanan segar juga memiliki khasiat sesuai warnanya.
Sejumlah buah atau sayuran dengan warna khusus memiliki kandungan tertentu. Mulai dari vitamin A, vitamin E, beta carotene, lycopene, klorofil, hingga asam folat. Bahan-bahan ini masing-masing terdapat di dalam bahan pangan dengan warna tertentu dan membawa manfaat kesehatan yang berbeda pula. Ingin tahu apa saja manfaatnya?
Dalam bukunya yang berjudul Khasiat Warna-warni Makanan, Prof. Made Astawan, staf pengajar Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor membeberkan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari makanan dengan klasifikasi warna tertentu. Merah, putih, hijau, jingga, kuning, juga ungu.
Menurut Made, perbedaan warna pada setiap bahan pangan ini menunjukkan kandungan zat gizi dan senyawa fitokimia yang berbeda. Agar semakin jelas lagi, simak beberapa warna dan kandungan fitokimia, berikut manfaat yang dapat dirasakan dari bahan makanan alami beraneka warna ini.
Putih
Warna putih pada sayuran dan buah bukan berarti bahan pangan ini tak memiliki banyak kandungan bermanfaat. Kelompok bahan pangan berwarna putih ternyata justru memiliki banyak manfaat besar bagi kesehatan. Buah-buahan, sayuran, bahkan bahan bumbu berwarna putih punya manfaat pencegah penyakit sistemik (jantung, hipertensi, diabetes mellitus), antibiotik, sumber vitamin C, sumber kalsium hingga melawan sel kanker.
Dari golongan sayuran berwarna putih dikenal tauge dan kembang kol. Tauge yang merupakan perkecambahan dari beraneka biji-bijian ini ternyata memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari biji asalnya. Tauge kacang hijau, misalnya, memiliki nilai protein 119 persen lebih tinggi dari biji kacang hijaunya sendiri.
Tauge alfalfa juga mengalami peningkatan kadar saponin hingga 450 persen dari asalnya. Tauge kedelai yang semula tidak mengandung vitamin C, menjadi berkandungan vitamin C hingga 12 mg/100gram setelah menjadi tauge. Dan hampir semua tauge meningkat kandungan vitamin B1, B2, B3, E (tokoverol), dan asam folat-nya.
Asam folat dalam tauge bermanfaat mencegah anemia, diare, juga dapat menyembuhkan luka pada lambung dan usus. Kandungan protein yang tinggi, dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Saponin dalam tauge juga mampu menggelontor LDL (low density lipoprotein atau kolesterol baik), sehingga menurunkan risiko jantung koroner. Juga meningkatkan aktivitas T-limfosit dan interferon (sebagai natural killer cells) yang menurunkan risiko kanker.
Kandungan aneka vitaminnya menjadi antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak DNA. Begitu pula kandungan genistein yang tinggi pada tauge kedelai mampu mengacaukan pasokan bahan pangan untuk sel kanker.
Sementara Kembang kol yang mengandung enzyme myrosinase melalui pengolahan dan proses pencernaan mampu mengubah indole-glucosinolates dan glucosinolates menjadi isothiocyanates dan indol-3 karbinol, yang mampu menghambat enzim penyebab radang lipoxynase dan cyclooxygenase, sehingga dikatakan juga sebagai zat anti inflamasi (peradangan). Selain itu enzim ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
Dari golongan buah berwarna putih ada juga bengkoang. Bengkoang mengandung fitoesterogen yang dapat dimanfaatkan tubuh sebagai cadangan esterogen. Mengonsumsi bengkuang di masa muda, kelak mampu meningkatkan kualitas hidup di hari tua. Cadangan fitoesterogen dapat digunakan setelah masa menopause, sehingga tulang dan fisik wanita tetap fit meski telah berusia senja.
Merah
Sayuran dan buah berwarna merah selain menimbulkan nafsu makan dengan penampilannya yang menarik, kandungan pigmen merahnya (likopen) juga membawa manfaat sebagai anti oksidan dan melawan sel kanker. Pada beberapa penelitian, likopen terbukti mampu mengatasi kanker lambung yang disebabkan infeksi Helicobacter pylori, mengambat N-nitrosamin yang menyebabkan kanker perut, mengurangi risiko leukemia, mencegah proses pembentukan tumor, menghambat pertumbuhan sel kanker otak juga kolon dan prostat.
Likopen juga menjadi antioksidan dengan mencegah oksidasi LDL yang secara otomatis menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah. Di samping sebagai antioksidan, likopen mampu menangkap radikal bebas pada sel tua dan memperbaiki sel-sel yang mengalami kerusakan sehingga dapat mempertahankan fungsi mental dan fisik para lansia.
Terhadap gula darah, likopen mampu mempengaruhi resistensi hormon insulin dan meningkatkan toleransi terhadap gula dan mencegah terjadinya diabetes mellitus. Sedangkan secara seksual, likopen mempengaruhi jumlah, struktur, dan mempengaruhi agresivitas sperma sehingga dikatakan mampu meningkatkan kesuburan pria. Likopen juga mampu mencegah osteoporosis pada wanita yang telah menopause.
Selain likopen, buah dan sayuran berwarna merah seperti tomat, bit, kol merah, bayam merah, dan paprika merah juga mengandung beta-karoten yang merupakan pro-vitamin A (bahan yang dapat diubah menjadi vitamin A) dan vitamin E yang semakin melengkapi manfaat sebagai antioksidan pencegah kerusakan syaraf penglihatan dan penuaan dini pada kulit.
Ungu
Buah-buahan dan sayuran ungu seperti anggur, blackberry, raspberry, cranberry, plums, prune, terong ungu, kol ungu, dan asparagus ungu, kaya akan antosianin - pigmen pemberi warna merah ungu.
Antosianin bermanfaat melindungi sel dari sinar ultra violet. Antosianin juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghambat oksidasi dari toksin.
Bahkan, antosianin pun terbukti mampu menghambat sel tumor. Dalam penelitian menunjukkan sianidin (bahan yang sering ditemukan pada buah mengandung antosianin) dan delphinidin (inti antosianin) bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker.
Selain sebagai antioksidan, antosianin juga sangat efektif menyembuhkan DM (diabetes mellitus) dan komplikasinya.
Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan, konsumsi 600 mg antosianin per hari selama 2 bulan terbukti efektif mengurangi pembentukan kolagen abnormal pada pembuluh darah yang diakibatkan ikatan gula darah dengan protein.
Seorang imuwan Perancis juga menunjukkan, konsumsi bilberry yang kaya antosianin dapat mencegah kerusakan sistem limfatik yang sering terjadi pada penderita diabetes. Selain itu, antosianin juga mencegah proliferasi protein abnormal yang menyebabkan komplikasi kebutaan pada penderita diabetes.
Antosianin yang berfungsi sebagai antiinflamasi juga mampu menurunkan risiko alergi. Konsumsi antosianin dalam jumlah cukup, mampu mencegah inflamasi akibat reaksi alergi sekaligus memperbaiki kerusakan dinding sel pembuluh darah. Efek anti inflamasi antosianin juga bermanfaat untuk menurunkan risiko gangguan otak yang disebabkan oksidasi jaringan lemak akibat trauma dan gangguan system saraf.
Selain zat warna antosianin, pada buah-buahan ungu umumnya juga ditemukan ellagic acid. Komponen ini bermanfaat mencegah penggumpalan darah dan pertumbuhan beberapa jenis tumor dan kanker seperti kanker kulit, pankreas, payudara, pencernaan, dan kolon.
Selanjutnya, pada kulit dan biji buah berwarna ungu, mengandung komponen flavonoid yang bernama resveratrol. Kandungan ini terbukti mampu menghambat endothelin-1, yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Juga memperlancar aliran darah ke otak, mengurangi risiko stroke, mencegah kanker, dan sebagai antiradang. (sumber : tabloidnova.com . Foto: Dok.Nova)

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty