24 Feb 2009

Walk of Love


Pada hari Minggu, 22 Feb 2009, diselenggarakan Walk of love. Tulisan di bawah ini adalah liputan yang ditulis oleh Suman yang diambil dari http://groups.yahoo.com/group/PemanasanGlobal/message/352, sedangkan foto adalah karya Chandra yang diambil dari http://www.kafedaun .com/component/ option,com_ fireboard/ Itemid,26/ func,view/ catid,8/id, 380/
----------------------------------------------------------------

Acara Walk of Love ke-7 yang diikuti oleh lebih dari 200 rekan berikut keluarganya bertepatan pada tanggal 22.2.2009 berlangsung dengan lancar dan sukses dengan konsentrasi acara di Bundaran HI. Sekitar pukul 6, semua berjalan dengan penuh damai sambil menyanyikan lagu 'Global Warming" dan yel-yel "Be Veg. Go Green. Save the Planet".
Gerakan ini cukup mengundang perhatian masyarakat. Hampir jam 7 ketika rombongan sampai di Bundaran HI, bergabung dengan rekan-rekan lainnya untuk melanjutkan acara di sana, antara lain membagikan selebaran SOS, buku saku SOS, membagikan bibit biji tanaman, mengundang masyarakat untuk menandatangani spanduk SOS, menjelaskan tentang pemanasan global, dan tentunya membagikan makanan vegan gratis.
Terdapat lebih dari 1000 makanan kotak yang dipersiapkan semalam suntuk di salah satu rumah yang secara dadakan berubah menjadi suasana dapur umum dengan kuali dan alat masak yang serba besar dan baru. Terdapat 5 jenis lauk yang dipersiapkan dan semuanya lezat mengundang selera. Sempat juga panitia yang mempersiapkan makanan ini ragu bisa menyelesaikan 1000 kotak karena hingga pukul 2 subuh, baru selesai sekitar 200 kotak. Namun dengan keyakinan yang luar biasa, akhirnya keseluruhan 1000 kotak dapat diselesaikan dan dikirimkan ke tempat acara sebelum jam 6 subuh. Semuanya terbagi habis dalam waktu yang relatif singkat, dan ditambah lagi dengan nasi goreng yang dipersiapkan di lokasi, keseluruhan makanan vegan yang telah dibagikan kepada masyarakat sekitar lebih dari 1200 orang yang menikmati makanan vegan yang dipersiapkan dengan penuh kasih ini.
Terima kasih kepada kelompok WarVeg yang telah berperan besar untuk pembagian makanan vegan gratis ini kepada masyarakat, dengan tujuan membuktikan kepada masyarakat bahwa makanan vegan itu enak dan bergizi dan bisa mengurangi dampak pemanasan global.
Team Happy Yogi Kitchen juga tidak mau kalah gesitnya, dengan mempersiapkan juga masakan yang penuh ragam. Antrian pengunjung untuk menikmati hidangan dari team happy yogi juga tidak kalah ramai, khususnya mereka yang sudah tidak kebagian nasi kotak vegan. Dengan harga yang relatif murah, para pengunjung juga bisa menikmati masakan yang dihidangkan oleh Team Happy Yogi Kitchen, termasuk lauk andalannya nasi gudeg ludes semuanya dalam waktu yang singkat. Burger vegan juga ludes dalam hitungan waktu yang singkat.
Acara puncak yang ditunggu-tunggu oleh rekan-rekan semuanya akhirnya tiba. Saat-saat memperingati hari 22.2.2009, "2 Menit to Change", acara yang juga dilakukan oleh rekan-rekan lainnya yang sama-sama memperjuangkan penyelamatan planet Bumi di lebih dari 25 negara di seluruh dunia.
Tepat pukul 8, semua berkumpul di dekat air mancur dengan memegang spanduk SOS tandatangan sepanjang 50 meter berikut beberapa spanduk SOS lainnya, semua mengelilingi bundaran air mancur. Tanda sirene dibunyikan, dan semua peserta termasuk masyarakat di sana memulai acara "membeku selama 2 menit", suasana di sekitar hening, partisipasi masyarakat sungguh mengagumkan, bahkan anggota band yang sedang bermain musik di panggung acara menghentikan pertunjukan musik mereka, termasuk para pejalan kaki, pesepeda, dan semua petugas yang ada di sekitar lokasi. Rekan-rekan beraksi dengan berbagai ekspresi bekunya, dan wartawan dari berbagai media mengabadikan momen tsb.
Sungguh kasih dan karunia Tuhan luar biasa melingkupi kami pada waktu itu, suasana damai dan penuh kasih terasa di sekitar Bundaran HI, dengan keheningan dari seluruh peserta serta masyarakat di sekitar.
Waktu 2 menit tidak terasa dengan cepat berlalu, bahkan kita melewati waktu tsb dan sempat membeku hingga 5 menit. Kami semua merasakan kepuasan di batin masing-masing karena telah melakukan tugas menyebarkan informasi tentang pemanasan global dan memberikan solusinya melalui gerakan vegetarian/vegan. Akhirnya, menjelang pukul 10:00, kami semua berbenah dan siap-siap untuk pulang ke rumah masing-masing.
Selamat kepada teman-teman semuanya yang telah berpartisipasi dengan baik pada acara WoL ke-7 memperingati hari "2 minutes to Change"22.2.2009. Kasih dan Karunia Tuhan senantiasa memberkati kita semua.
Salam Kasih dan Damai,
suman










2 comments:

  1. Wah seru yah ..acaranya..sayang aku ga bisa pertisipasi..besok2 kalo ada acara WoL lagi..informasikan lagi yah Bu...

    Go Veg
    Cheers,
    Adit

    ReplyDelete
  2. Pasti ,akan saya infokan Dit

    Salam
    Lili

    ReplyDelete

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty