9 Dec 2008

Resepsi


Dua hari melewati tanggal 7 Desember 2008, rasa lelah di badan ini masih terasa juga. Ya....7 Desember 2008 adalah hari yang ditunggu keluarga besar kami. Adalah salah satu anggota keluarga yang akan menjalani hidup baru bersama orang terkasihnya.
Hotel Sunlake adalah hotel yang saya rekomendasikan untuk melangsungkan resepsi. Hotel yang terletak di depan Danau Sunter ini dijadikan pilihan karena manajemennya welcome dengan menu vegetarian yang kami bawa dari luar, tentu dengan charge tertentu, tapi dibandingkan dengan hotel-hotel lainnya, charge di sini lebih reasonable.
Malam itu resepsi diselenggarakan dengan menu vegetarian dan non vegetarian. Letak antara kedua macam menu ini tentu saja ada jaraknya. Malam itu undangan yang vegetarian maupun yang non vegetarian berimbang.
Tren vegetarian yang semakin memasyarakat belakangan ini, membuat saya harus extra memantau persediaan menu vegetarian. Saya khawatir ketika para undangan yang vegetarian belum tiba semua, menu vegetarian telah ludes duluan. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa undangan yang non vegetarian menyampaikan bahwa mereka bosan dan neeg dengan menu daging-dagingan, jadi mereka akan memilih menu vegetarian. Sebelumnya pihak manajemen hotel yang telah beberapa kali dijadikan tempat resepsi dengan menu vegetarian dan non vegetarian, menyampaikan agar disediakan menu vegetarian yang lebih banyak karena para non vegetarian pasti juga ingn mencicipi menu vegetarian.
Lalu, kalau sudah demikian mengapa tidak resepsi dengan menu vegetarian saja semuanya? Tentu inilah harapan saya, tapi faktanya yang menikah bukan saya tapi adik perempuan saya dan pasangannya yang memang kedua-duanya belum vegetarian. Jadilah saya hanya bisa berjuang agar separuhnya dengan menu vegetarian, karena sisanya adalah hak mempelai pria yang menentukan.
Ini pertama kalinya keluarga saya mengadakan standing party dengan menu campuran vegetarian dan non vegetarian. Sebelumnya pernikahan saya dan pernikahan adik lelaki saya diselenggarakan dengan menu vegetarian semua.
Langkah pertama untuk mengantisipasi agar tidak terjadi salah makan bagi yang vegetarian, saya meminta MC mengumumkan tentang letak menu vegetarian dan non vegetarian. Upp.. rupanya si MC baru tahu tentang menu vegetarian ehhh ujung-ujungnya si MC rupanya tertarik dengan menu vegetarian sehingga ikut antri di depan pondokan soto vegetarian.
Ya ..malam itu ketika belum semua undangan yang vegetarian datang beberapa pondokan seperti soto vegetarian, sate vegetarian, siomay vegetarian.......telah ludes duluan. Rupanya banyak juga undangan yang non vegetarian antri dan mencicipi menu-menu vegetarian ini. Untunglah buffet vegetarian tersedia cukup.
Di tengah acara, saya melihat seorang ibu yang sebelumnya telah menyantap menu non vegetarian menghampiri dan melihat-lihat menu buffet vegetarian yang terdiri dari kuluyuk asam manis, bakso vegetarian, cah brokoli, nugget vegetarian dan lain-lainnya bergumam, ”Hmmm.... enakan yang vegetarian, saya neeg banget nih makan daging.” He..he makanya Bu lain kali makan yang vegetarian saja, dijamin gak neeg, badan ringan lagi...
Saya pun menjadi agak sibuk untuk menyambut tamu-tamu vegetarian yang memang hampir semuanya saya kenal. Saya menyambut mereka di dekat pintu masuk dan mengarahkan mereka menuju menu vegetarian. Secara nurani saya bertanggung jawab jangan sampai terjadi salah makan menu apalagi bagi yang menjadi vegetarian karena alasan spiritual dan sudah berikrar dalam seumur hidupnya akan menjadi vegetarian.
Akhirnya seluruh rangkaian acara berlangsung dengan sukses. Selamat....selamat...
Tips bagi yang menyelenggarakan pesta dengan menu vegetarian dan non vegetarian
1. Pada saat memberi undangan pada yang vegetarian berilah info bahwa selain menu vegetarian juga tersedia yang non vegetarian, agar mereka tidak salah memilih menu.
2. Semua menu vegetarian harus diberi nama dengan embel-embel VEGETARIAN pada tempat yang mudah terbaca.
3. Minta MC mengumumkan letak menu vegetarian dan non vegetarian sesaat sebelum mempersilahkan tamu-tamu menikmati hidangan.
4. Tugaskan yang mengenal tamu-tamu vegetarian untuk menyambut dan mengantar atau menunjukkan letak menu vegetarian.
5. Menyediakan menu vegetarian lebih banyak dari perkiraan para undangan vegetarian yang hadir.
Salam Kasih
Liliyana W.Tandarto

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty