6 Nov 2008

Dijamu Menu Vegetarian di Istana Presiden


Lahir di Jakarta pada 26 April 1975, Shinta Nurwulan yang bergelar MA in Environmental Politics dari Keele University, UK, berwelas asih membagi perjalanan hidupnya sebagai seorang vegetarian kepada kita semua termasuk ketika dijamu dengan menu vegetarian pada gala dinner di istana presiden Finlandia di Helsinki

Bagaimana awalnya Shinta mengenal vegetarian?

Saya mengenal vegetarian sudah sejak lama, namun pada saat itu belum terlalu tertarik untuk mendalami dan mempraktikkannya. Sekitar tahun 2002-2003, ketika saya melanjutkan sekolah di Inggris dan melihat beberapa teman yang vegetarian, saya mulai tertarik untuk tahu sedikit lebih jauh tentang vegetarianisme, tapi tetap belum tergoda untuk mempraktikkannya.

Lalu kapan terjadinya panggilan jiwa untuk menjadi vegetarian?

Pada bulan Januari 2004, ketika berita mengenai wabah flu burung semakin marak dan banyak dilakukan pemusnahan ayam secara massal, saya mulai tergelitik untuk mulai mempertimbangkan menjadi vegetarian, meskipun belum merasa mampu untuk benar-benar menjalankannya, baru sebatas keinginan. Tapi sejak itu saya makin banyak mencari informasi mengenai vegetarianisme, baik cara hidup maupun alasan-alasan penting yang mendukung pola diet vegetarian, baik alasan kesehatan, kesejahteraan hewan, maupun sumbangan terhadap perbaikan kondisi lingkungan. Terus terang, dua alasan terakhirlah yang semakin menguatkan saya untuk menjadi vegetarian.

Akhirnya, pada tanggal 11 April 2004, saya mulai menjadi vegetarian. Tepatnya menjadi lacto-ovo vegetarian, yang masih mengkonsumsi susu dan telur. Kenapa lacto-ovo? Sebetulnya hanya untuk lebih memudahkan saja, karena saya merasa untuk menjadi vegan di Indonesia masih terlalu berat. Lagipula, saya beranggapan bahwa telur dan susu hanya produk turunan dari hewan, tidak perlu mematikan hewan untuk mendapatkan telur dan susunya. Meskipun saya tetap berusaha hanya mengkonsumsi susu kedelai, jika memungkinkan.

Bagaimana reaksi keluarga, teman, ketika tahu Shinta bervegetaris?

Ketika keluarga mengetahui saya mulai menjalankan pola makan vegetarian, mereka cukup mendukung. Saya selalu disediakan makanan tanpa daging di rumah. Begitu juga ketika mereka membeli makanan di luar, mereka selalu mengoleh-olehi makanan tanpa daging untuk saya. Teman-teman pun tidak berkomentar banyak ketika mereka tahu saya mencoba menjadi vegetarian, mereka setuju dengan apapun pilihan saya.

Apakah Shinta mengenalkan dan mengajak pasangan dan anak-anak untuk juga bervegetaris?

Kebetulan saya belum berkeluarga, tapi kalaupun nantinya saya berkeluarga, saya tidak akan memaksakan pasangan dan anak-anak saya untuk menjadi vegetarian. Karena saya pun ketika memutuskan untuk menjadi vegetarian harus melalui proses yang cukup lama, dan baru menjalankannya ketika saya mulai yakin atas keinginan saya tersebut.

Setelah menjadi vegetarian, apakah sering menemui kesulitan?

Sebetulnya tidak terlalu banyak kesulitan yang ditemui setelah saya menjadi vegetarian, karena saat ini sudah cukup banyak restoran-restoran yang menawarkan menu vegetarian. Kalaupun mereka tidak menyediakan secara khusus, umumnya kita bisa memesan khusus menu pilihan kita tanpa daging. Mungkin masalah terbesar yang sering ditemui adalah ketika kita menghadiri undangan berbagai acara, karena umumnya menu yang mereka tawarkan hampir semuanya mengandung daging.

Peristiwa apa yang paling berkesan sebagai seorang vegetarian?

Peristiwa istimewa yang cukup berkesan bagi saya sebagai seorang vegetarian adalah ketika menghadiri jamuan gala dinner di istana presiden Finlandia di Helsinki, saat Presiden Tarja Halonen menjamu Presiden SBY. Saat menu pertama disajikan, mereka memberikan menu yang sama dengan tamu-tamu lainnya, yaitu salmon dan kentang. Tapi ketika para penyaji menyadari bahwa saya seorang vegetarian, mereka langsung mengganti sajian-sajian selanjutnya dengan menu vegetarian, sehingga saya bisa ikut menikmati jamuan makan malam tersebut.

Photo kiri (Presiden Tarjo Halonen dan Presiden Sby) dari : KIMMO MANTYLA/AFP/Getty Images

Diwawancara oleh Liliyana Waty Tandarto


No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty