6 Nov 2008

Hambat Osteoporosis Dengan Kedelai

Anda wanita yang telah memasuki masa menopause? Waspadalah terhadap gejala osteoporosis. Tapi, dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai, proses perapuhan tulang bisa dihambat. Kacang kedelai, yang dalam ilmu sains dikenal sebagai glycine max merrill. Kacang kedelai pertama di temukan di China, lalu dari China diperluas ke wilayah Jepang dan Korea.
Hasil pertanian yang terkenal ini juga sangat populer di Eropa, AS, dan Amerika Selatan. Kacang kedelai dikenal sebagai the green milk (susu hijau) di negara-negara Eropa.Kacang kedelai menjadi salah satu jenis makanan terpopuler di seluruh dunia. Ini disebabkan manfaat nutrisi dan kesehatannya. Beberapa penelitian menunjukkan kacang kedelai memiliki khasiat yang besar untuk menyembuhkan dan belakangan ini telah menjadi topik terhangat di kalangan para peneliti dan ahli sains.

Kacang kedelai mengandung 38% protein, 18% lemak (polyunsaturated fatty acid), 15% karbohidrat, 15% serat diet kacang kedelai, soy lecithin, vitamin, dan mineral. Juga mengandung phytonutrient seperti isoflavones, phytoesterols, dan saponin.Penipisan tulang cepat terjadi pada wanita selama lima hingga tujuh tahun setelah menopause di saat penurunan pada level estrogren bisa menyebabkan mereka kehilangan lebih dari 5% massa tulang per tahunnya.
Mengganti estrogen melalui terapi penggantian hormon diketahui membahayakan kesehatan, termasuk menimbulkan stroke. Protein kedelai dipandang sebagai alternatif yang bagus. Cara lain bagi para wanita menopause untuk memperlambat penipisan tulang yang disarankan oleh Badan Makanan dan Obat AS (FDA) adalah lebih banyak berolahraga dan menambah konsumsi kalsium dan vitamin D.

Kacang kedelai kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, selenium dan seng. Kalsium adalah mineral yang sangat penting karena dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, kekuatan tulang dan juga dapat mencegah osteoporosis. Ada berbagai macam makanan yang mengandung kalsium, tetapi kacang kedelai mengandung lebih sedikit methione dibanding dengan makanan lain. Methione adalah sejenis asam amino yang dapat menyebabkan kehilangan banyak kalsium dalam tubuh.
Kacang kedelai bisa menghambat osteoporosis karena kaya akan kandungan phytoestrogens yang disebut isoflavones, mirip seperti estrogen di dalam strukturnya, sebagai penerima estrogen, estrogenomimetics.Kalsium pada makanan sendiri dianjurkan mencegah osteoporosis. Kalsium adalah salah satu mikromineral yang berguna bagi tubuh manusia. Sebanyak 99% dari kalsium dapat ditemukan pada tulang dan 1% dialirkan pada selaput di dalam struktur sel dan selaput sel.
Fungsi kalsium merupakan mineral yang sangat penting, yaitu pengaruh neuro transmiter, peredaran darah dan fungsi otot urat, membantu meningkatkan kekuatan pada tulang, guna mencegah tulang keropos (osteoporsis), membantu peredaran darah secara normal, membantu formasi sel protein dan membantu mengatur fungsi otot, mengontrol asam lemak (fatty acids) pada usus yang dapat mengurangi formasi sel kanker dengan tujuan mencegah terjadinya kanker usus. n DARI BERBAGAI SUMBER/DWI/M-1. Sumber Lampung Post, 6 Juli 2008

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty