21 Jun 2009

Gangguan Pencernaan

Salam Sejahtera,
Saya adalah seorang wanita usia 33th dan sudah bervegetarian sejak th 1997 sampai dengan sekarang. Beberapa minggu terakhir ini saya mengalami gangguan pencernaan. Minggu pertama saya mengalami mual-mual dan diare (+/-) dalam sehari 3-5 kali ke belakang. Setelah saya obati dengan obat diare dan obat maag, mual saya mulai berkurang dan sembuh dalam waktu satu minggu. Namun perut saya selalu terasa 'penuh' meskipun saya sudah, maaf, BAB dan kontinuitas saya buang air cukup sering, 3-4 kali dalam sehari tapi tidak diare. Saya memang termasuk orang yang proses pencernaannya cepat namun sebelumnya dalam sehari maximal buang air besar 2 kali, tapi sejak 3 minggu yang lalu hampir 2-3 jam selesai makan, saya selalu merasa harus BAB sehingga dalam sehari saya bisa melakukan nya 3 s/d 4 kali dengan waktu kisaran pagi (07.00), siang (11.00) selesai makan siang (14.30) dan terkadang malam (20.00).
Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
1). Apakah saya masih normal?
2). Biasanya setelah selesai BAB perut saya terasa 'lega' namun 3 minggu ini meskipun sudah selesai tetap terasa kembung/ begah.
3). Pola makan saya seimbang, ada sayur dan buah serta relatif jarang telat makan, apa masih mungkin kena maag?
4). Apa ciri-ciri orang yang kena kanker/ kelainan pada pencernaan? Sekedar info ,tidak ada tanda-tanda pendarahan selama saya BAB.
Demikian, semoga data yang saya sampaikan dapat dianalisa, saya tidak ingin ada kesan bahwa sudah bervegetarian karena terlalu banyak serat harus sering ke belakang.
Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.
Salam,
Mega, Sby.

dr. Hendry Widjaja, MARS menjawab :
Sdri Mega yg terkasih,
1. BAB yg normal maksimal 3 kali dan konsistensi padat. Jadi kelihatannya anda mengalami gangguan pencernaan yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti: kurangnya enzim pencernaan, lemahnya usus, faktor dingin dalam usus, infeksi usus, intoleransi makanan dll. Mungkin ada baiknya dilakukan analisa faeces utk mengetahui penyebab pastinya.
2. Kemungkinan besar kondisi limfa dan usus anda lemah. Sebaiknya periksa ke dokter.
3. Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kondisi selaput lendir lambung, makanan yang dikonsumsi, makanan yang merangsang seperti dingin, pedas, asam, makan terburu-buru, energi lambung yang lemah, banyak pikiran, asam lambung berlebih dll. Jadi masih mungkin terkena sakit maag.
4. Kanker lambung atau usus ditandai dengan muntah darah, BAB yang berdarah, badan yangg semakin kurus, sulit BAB. Jadi anda masih jauh dari penyakit kanker.

Salam,
dr.Hendry

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty