6 May 2009

Nutrisi untuk Kesehatan Kulit

Oleh : dr Hendry Widjaja, MKM
Apa yang kita makan mempunyai efek yang sangat penting untuk penampilan luar dan kesehatan fisik secara umum. Diet yang ideal seharusnya menyediakan jumlah nutrisi yang cukup untuk kesehatan dan kecantikkan. Adapun nutrisi yang penting untuk kecantikkan adalah sebagai berikut: protein, lemak dan minyak, vitamin A/ beta carotene, vitamin B complek, C, D, E, kalsium, phosphor, besi, sulfur, zinc, chromium, tembaga, selenium, yodium, magnesium, mangan, kalium dan air.
Vitamin A / Beta Carotene
Vitamin A penting untuk kesehatan kulit dan mata. Selain itu juga penting untuk pencegahan infeksi kulit. Vitamin A mengatasi kekeringan kulit, ketombe dan keriput. Dan sangat diperlukan untuk sirkulasi darah yang sehat yang memberikan cahaya pada kulit. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan pengelupasan atau kekeringan, kasar, keriput, rambut yang kering dan berketombe, jerawat dan mata yang lelah.
Sumber utama Vitamin A
· Wortel
· Sayur hijau
· Tomat
· Pepaya
· Melon

Vitamin B Complex
Vitamin B penting untuk kulit yang terang, berkilau, muda dan rambut yang tetap hitam mengkilap. Vitamin ini penting untuk kesehatan kulit, rambut dan mata. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 40% penderita dermatitis kekurangan vitamin B. Selain itu vitamin ini juga dapat mengatasi stress.
Jenis vitamin B dan hubungannya dengan kulit yang cantik sebagai berikut:
1. Vitamin B1 membantu menjaga sirkulasi kulit yang baik.
2. Vitamin B2 ( riboflavin ): kekurangan vitamin ini bisa menimbulkan pigmen coklat pada kulit. Pigmen yang jelek ini akan menghilang bila diberikan sejumlah vitamin B2 selama 6 bulan. Kekurangan vitamin B2 yang berat akan menimbulkan kulit dan rambut yang berminyak serta timbunan lemak di bawah dagu dan dahi serta belakang telinga. Kekurangan yang lebih parah menyebabkan kulit di sekitar hidung dan sudut mata menjadi pecah dan luka.
3. Vitamin B6 (pyridoxine): kekurangan vitamin ini menyebabkan dermatitis dan eksim kulit.
4. Niacin: kekurangan vitamin ini menyebabkan eksim kulit dengan pigmen coklat yang luas pada muka, lengan dan kaki.
5. Asam pantotenat, PABA (Para-aminobenzoic acid) dan biotin. Kekurangannya menyebabkan eksim kulit.
Kekurangan vitamin B complex dapat menyebabkan:
Rambut kusam.
Ketombe.
Kulit kering.
Bibir pecah-pecah.
Kemerahan dan iritasi.
Keriput dini.
Pertumbuhan rambut yang jelek.
Rambut abu-abu.

Sumber alami Vitamin B Complex
· Padi-padian utuh, gandum.
· Kacang-kacangan.
· Sayur hijau.
· Jamur.
Vitamin C
Vitamin C, bila bergabung dengan protein akan membentuk collagen yang berfungsi sebagai perekat sel-sel kulit dan mencegah keriput. Vitamin ini mengatur kelenjar minyak untuk mencegah kekeringan kulit, membantu mencegah garis wajah dan keriput. Vitamin C penting untuk kesehatan rambut, mata dan gigi, daya tahan terhadap infeksi, penyembuhan luka dan jaringan kulit yang kencang.
Kegunaan Vitamin C:
Mencegah pigmentasi kulit menjadi bintik-bintik gelap akibat penyinaran matahari.
Memperkuat kapiler dan mencegah perdarahan kecil dan memar.
Membantu produksi minyak untuk mencegah kekeringan kulit.
Mencegah perdarahan gusi.

Sumber alami vitamin C
· Sayur hijau, brokoli, kol, paprika, tomat.
· Buah seperti lemon, orange, kiwi, stroberi, anggur dll.
· Kentang.
Vitamin D
Vitamin D penting untuk kesehatan gigi, tulang dan kuku dan juga penyerapan kalsium dan phosphor. Vitamin ini membantu kesehatan mata, kulit dan gigi. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan gigi cepat rusak.
Sumber alami vitamin D
· Sinar matahari.
· Kecambah.
Vitamin E
Vitamin E membantu pembentukkan otot dan jaringan untuk mencegah keriput dan penuaan dini. Vitamin ini mencegah kekeringan , kusam, bintik hitam, rambut rontok dan ketombe dan membantu sirkulasi dan penyembuhan jaringan. Penelitian menunjukkan dengan dosis besar vitamin E akan membantu reproduksi sel yang sehat dan memperlambat penuaan serta keriput.
Sumber alamiah Vitamin E
· Roti gandum.
· Padi-padian utuh.
· Kecambah.
· Asparagus
· Brokoli.
· Brussels sprouts
· Sayur hijau.
· Olive.
· Kacang kedelai.
· Biji bunga matahari.
· Kacang.
· Minyak nabati.
Jus adalah cara yang baik untuk mendapatkan antioxidant, fitonutrien dan vitamin dalam buah dan sayur. Dengan meminum jus maka kita mendapatkan semua vitamin dan mineral dalam keadaan terbaik. Antioxidan adalah cara terbaik untuk memperlambat proses penuaan di kulit. Ada beberapa antioxidan seperti polyphenol, flavanoid dan proanthocyanadin. Proanthocyanadin dapat membantu memperkuat dinding kapiler yang penting untuk penyampaian nutrisi ke sel. Bila sel kelaparan karena gangguan transportasi makanan, maka sel tersebut tidak akan sehat. Blueberri dan blackberri adalah sumber proanthocyanadin yang kaya.
Paul Bedson, yang menggunakan Traditional Chinese Medicine (TCM) menyarankan jus untuk kesehatan kulit:
- Jus wortel, seledri dan lemon.
- Jus ketimun, selada dan nenas.
- Setengah gelas jus ketimun dan gelas air.

Dan sebenarnya masih banyak jenis jus yang sangat bermanfaat untuk menunjang kecantikkan kulit yang bahannya bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar seperti:
- Teh yang kaya dengan polyphenol.
- Tomat yang kaya dengan lycopen.
- Ubi merah yang kaya dengan beta caroten.
- Pepaya yang kaya dengan vitamin A,C dan kalium.
- Kacang kedelai yang kaya dengan isoflavon.
- Kacang yang kaya dengan asam lemak tidak jenuh.

Oleh sebab itu sebenarnya tidak sulit dan bukanlah mustahil untuk mendapatkan kulit yang cantik, indah dan bersinar.

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty