10 May 2009

Daya Konsentrasi dan Daya Ingat

Pertanyaan Susanto
Salam vege,
Saya ingin bertanya, semenjak saya bervegetarian saya merasakan daya konsentrasi dan daya ingat saya agak menurun. Kira-kira apa sebabnya dan apakah saya boleh mengkonsumsi suplemen ginko biloba dan merek apa yang boleh untuk vegetarian. Terima kasih.
<----- Drs. Susianto, MKM menjawab * :


Penurunan daya ingat bisa terjadi pada siapa saja, bukan hanya karena Anda vegetarian. Penurunan daya ingat dipengaruhi oleh banyak faktor gaya hidup seperti kebiasaan membaca, aktivitas kehidupan sosial; karakteristik umur dan pendidikan; pola makan yaitu berkaitan dengan zat gizi terutama zat besi, vitamin B12, vitamin C, asam folat, karbohidrat. Tidak ada satu makanan tertentu saja yang dapat menaikkan daya ingat Anda secara instant. Jadi, belajarlah mempraktekkan gaya hidup dan pola makan vegetarian yang sehat dan benar. Konsumsilah makanan vegetarian yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan zat-zat gizi di atas. Semua zat gizi tersebut di atas dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan vegetarian. Zat besi terdapat dalam sayuran hijau, bit merah, buah-buahan kering. Vitamin B12 terdapat dalam tempe. Vitamin C kaya dalam buah-buahan seperti jambu batu (guava), jeruk, nenas, pepaya, dll. Asam folat terdapat dalam sayur hijau dan kacang-kacangan. Karbohidrat berlimpah dalam makanan vegetarian yaitu makanan pokok seperti nasi, kentang, bihun, gandum, ubi, talas, dll.
Salam sehat,
Susianto
* Drs. Susianto, MKM adalah:
- ahli gizi yang sedang menempuh gelar S3 di FKM - UI
- dosen gizi vegetarian di STAB Maitreyawira, Jakarta
- sangat berpengalaman sebagai pembicara seminar baik di dalam maupun luar negeri (Singapore, Malaysia, Taiwan, India, Australia dan Jerman).
- satu dari 16 orang yang sangat berpengaruh dalam organisasi vegetarian di dunia dengan jabatannya sebagai Sekjen Asian Vegetarian Union (AVU) dan Koordinator International Vegetarian Union (IVU) Asia Pasific sedangkan di Indonesia beliau menjabat sebagai Ketua Operasional Indonesia Vegetarian Society (IVS).

3 comments:

  1. Dear Susanto,

    Bagaimana pola makan Anda,setelah vegetarian? Apakah sudah memenuhi semua gizi yang diperlukan? Kadang2 sugesti juga bisa mempengaruhi kita, sugesti yang ada dalam pikiran kita bahwa vegetarian bikin pelupa, yang akhirnya kekuatan pikiran dapat mempengaruhi keadaan kita. Selain mengikuti apa yang disarankan dr Susiato, MKM di atas, coba juga dengan meyakinkan pikiran anda bahwa vegetarian sehat asalkan makan seimbang.

    Memang bebar, bahwa banyak faktor yang bisa membuat seseorang kekurangan daya ingat dan daya konsentrasi. Saya punya kenalan, BUKAN SEORANG VEGETARIAN,punya sifat pelupa yang luar biasa , suatu hari dia bawa anak dan susternya ke mal, di dalam mall suster dan anaknya ditinggalkan di tempat bermain sementara dia pergi berbelanja. Beberapa jam kemudian dia pulang ke rumah seorang diri dan menanyakan ke suaminya, mana anaknya? Suaminya terkejut dan mengatakan bukankah tadi pergi dengan dia? Astaga, ternyata saking pelupanya, diapun sampai meninggalkan anak dan susternya di mall.

    ReplyDelete
  2. salam sehat,
    biasa saja pola makan saya,,saya makan sayur2an dan kacang2an, minum susu, suplemen spirulina.

    sepertinya bukan sugesti, karena bukan saya yg merasakan saja,,temen2 saya juga mengatakan bahwa saya orangnya pikun. sebelum bervegetarian saya tidak mengalami hal itu. tapi saya akan coba saran Dr.susianto untuk mengkonsumsi nutrisi yang disebutkan tersebut. terima kasih ats jawabannya. salam sehat .

    ReplyDelete
  3. Dear Susanto (Anonymous)

    Ya, cobalah mulai mempraktekkan pola makan vegetarian yang sehat dan benar dan jangan lupa istirahat yang cukup. Yakinlah, bahwa vegetarian bukanlah penyebab penurunanan daya ingat dan daya konsentrasi. Banyak contoh para vegetarian yang baik2 saja, salah satunya Drs. Susianto, MKM. Beliau sudah vegetarian sejak 1988. Lulus S1 kimia UGM th 1991 (3 th 10 bulan)dengan predikat Cum Laude. Lalu setelah bertahun-tahun kemudian, beliau mengambil S2 Gizi UI dan lulus pada th 2008 (1 th 10 bulan) dengan predikat Cum Laude juga. Salam sehat

    ReplyDelete

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty