22 Dec 2011

Seto Mulyadi :" Lebih Tenang, Sabar, Fokus dan Bugar Setelah Menjadi Vegan."

Kak Seto (60 tahun)


"Adalah sebuah anugerah bahwa saya memiliki fisik yang cukup prima. Ini saya rasakan setelah sejak 6 bulan lalu saya memutuskan untuk menganut pola makan vegan.

Saya tidak mengira pola makan vegan bisa membawa perubahan sejauh dan secepat ini. Jika biasanya setiap pagi setelah jogging 30-45 menit, paling banter saya hanya kuat push-up sebanyak 25x, setelah vegan saya bisa push-up sedikitnya 50x.

Tubuh saya terasa lebih bugar, tidak mudah terkena flu serta tidak pernah lagi masuk angin. Nafas jadi lebih lega dan panjang. Secara psikologis, saya jadi lebih tenang, relatif lebih sabar, serta lebih fokus.

Mengapa Vegan?
Adalah anak saya Bimo, 20 tahun, sebagai orang pertama yang menganut vegan di rumah kami (sejak kelas 2 SMP) dengan alasan menyayangi hewan, ia malah tidak lagi memakai barang berbahan kulit hewan apa pun, mulai dari sepatu, gesper, dompet, tas, dan lain-lain, terutama kegigihannya mempertahankan keyakinannya bahwa pola makan yang ia pilih memiliki tujuan mulia, yaitu demi kesehatan dan kelangsungan hidup umat manusia.
Pola makan vegan sangat baik untuk kesehatan & relatif membuat pelaku vegan merasa memiliki tanggung jawab secara langsung terhadap lingkungan hidup. Sebagai manusia sudah semestinya kita menjaga keseimbangan lingkungan dan hidup harmonis dengan alam.

Daging bukan satu-satunya sumber protein, malah sumber protein nabati seperti taoge dan kacang-kacangan, khususnya tempe terbukti lebih baik ketimbang sumber protein hewani yang mengandung lemak dan kalori lebih rendah.

Penelitian tentang nilai gizi tempe menurut Dr. Hardinsyah, ahli gizi IPB telah membuktikan bahwa tempe mengandung vitamin B12, seng (zinc) dan mineral lainnya, sehingga para vegan tidak perlu khawatir kekurangan vitamin ini.

Ke depannya, saya akan mengajak banyak ahli gizi untuk ikut membantu menjelaskan dan mulai mengajak anak-anak Indonesia lebih memilih pola makan yang lebih ramah terhadap lingkungan."

Majalah Nirmala, edisi Desember 2011

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty