14 Nov 2011

Susu dan Telur Sumber Lemak dan Kolesterol Tinggi

Dr.Drs.Susianto,MKM(Ahli Gizi & Presiden Vegan Society of Indonesia, juga penulis buku The Miracle of Vegan) :


Hasil beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu dan telur sama berbahayanya dengan mengkonsumsi daging. Susu dan telur merupakan sumber lemak dan kolesterol tinggi. Kalsium yang terdapat dalam susu tidak efektif diserap tubuh jika dibandingkan dengan kalsium yang terdapat dalam tumbuhan. Faktanya mengkonsumsi susu justru dapat menyebabkan kenaikan kadar kalsium dalam darah secara tiba-tiba, sehingga secara otomatis kelebihan tersebut menyebabkan kalsium dari ginjal dibuang melalui urine. Untuk menggantikan kalsium yang hilang tersebut darah mengambil kalsium dari tulang. Tidak mengherankan jika mengkonsumsi susu dalam waktu yang lama, yang terjadi justru Osteoporosis. Susu mengandung laktosa, lemak jenuh, dan merupakan protein hewani. Para peneliti di fakultas kedokteran Universitas Yale menyimpulkan bahwa ada hubungan antara asupan protein hewani dengan patah tulang. Sekitar 70% kasus patah tulang disebabkan oleh konsumsi protein hewani.Protein hewani meningkatkan keasaman darah pada jaringan tubuh. Padahal tubuh tidak menyukai suasana asam dan berusaha menetralisasi sifat asam tersebut dengan cara mengambil kalsium dari tulang, sehingga meningkatkan resiko Osteoporosis (rapuh tulang) dan Fraktur (patah tulang). Jika susu dapat menyebabkan Osteoporosis, telur yang selama ini dianggap sebagai sumber protein yang murah, ternyata me- miliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.Setiap butir telur mengandung 213 mg kolesterol, sama dengan kandungan kolesterol dalam 224 gram steak daging. Selain itu kuning telur mengandung lemak jenuh, sedangkan putih telur mengandung protein hewan yang dapat berkontribusi terhadap kehilangan kalsium dan masalah ginjal. (disarikan oleh Kiswan)

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty