4 Jun 2011

Tempe dan Vitamin B12

Pertanyaan Astrawinata:
Bagaimana seorang vegan dapat memnuhi kebutuhan harian vitamin B12 nya tanpa suplemen? Karena setahu saya vitamin B-12 dari tempe, gigi kita dan sumber nabati lain hanya bersifat isomer (mirip bentuknya) dan bukan vitamin B12 yang sesungguhnya.
Sementara vitamin B12 yang diproduksi di usus tidak bisa dipakai tubuh karena untuk menyerap vit.B12 diperlukan faktor intrinsik dari lambung dulu. Kalau sudah di usus vit.B12 tanpa faktor intrinsik tidak akan diserap.

Ahli Gizi Dr.Susianto,MKM menjawab :
Hasil penelitian saya tentang B12 tempe di gizi UI dapat mempertahankan kadar B12 serum darah setelah intervensi 3 bulan dan retensi 3 bulan. Jika tidak suka makan tempe, bisa konsumsi makanan fortifikasi B12 seperti susu soya, sereal, dll.

(Liliyana)
Ketika mengandung anak kedua, saya pernah bertanya kepada dokter kandungan, apakah saya rentan kekurangan vitamin B12 sehingga perlu mengkonsumsi supplemen vitamin B12?. Dokter saya menjawab,"Justru sebagai vegatarian (saya vegan) anda tidak akan kekuarangan vitamin B12.". Dari jawaban dokter ini dapat kita simpulkan bahwa dengan banyaknya mengkonsumsi makanan nabati kita justru tidak akan kekurangan vitamin B 12. (catatan: dokter saya ini bukanlah seorang vegetarian dan boleh dikatakan tidak menyetujui orang hamil untuk vegetarian, seperti yang pernah saya ceritakan di artikel
http://newvegeplanet.blogspot.com/2010/04/diary-seorang-ibu-vegetarian.html

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty