19 Apr 2011

Sayuran Juga Punya Protein

Sedang mulai hidup sehat dengan mengurangi makan daging? Atau Anda seorang vegetarian?. Untuk mencukupi kebutuhan protein, cobalah makan lebih banyak buah dan sayuran. Banyak bahan makan nabati yang bisa memberi asupan protein yang cukup buat tubuh.


Makan daging memang dianjurkan, sebagai sumber protein hewani. Namun, buat seorang vegetarir atau sedang mengurangi makan daging kebutuhan protein tetap harus terpenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan protein bisa diperoleh dari aneka buah dan sayuran segar.


Ternyata sejumlah bahan makanan non hewani bisa memberikan pasokan protein nabati yang diperlukan tubuh, seperti bahan makanan berikut ini:


Beragam Buah dan Sayur Segar

Makanlah berbagai macam buah-buahan, sebab buah dan sayur memberikan nutrisi untuk hidup sehat. Makan berbagai jenis sayuran dan buah segar akan mendapatkan asupan asam amino esensial yang diperlukan tubuh.


Sayuran hijau

Pilihlah beragam sayuran berwarna hijau saat berbelanja sayuran. Makanlah lebih banyak sayuran hijau. Karena sayuran hijau mengandung protein lebih banyak dibandingkan dengan sayuran lainnya sehingga kebutuhan protein tercukupi.


Bijian Utuh

Banyak prang mengganti protein hewani dengan protein nabat yang diproses. Sebaiknya perbanyak makan bijian utuh seperti gandum dan kacang-kacangan. Makanlah bijian utuh sesegar mungkin dan sesedikit mungkin diproses agar proteinnya bisa diserap lebih baik oleh tubuh.


Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang merupakan sumber protein nabati yang bagus. Cobalah makan berbagai jenis kacang agar kebutuhan protein nabati bisa tercukupi. Tetapi makanlah secukupnya karena kacnag juga mengandung banyak kalori. Polong-polongan Beragam jenis polong-polongan, buncis, kacang merah, dan sereal merupakan sumber protein nabati yang baik. Usahakan makan minimal sehari sekali salah satu dari jenis polog-polongan ini. Selain rendah kalori jenis kacang polong juga merupakan sumber protein yang bagus.
Sumber

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty