21 Dec 2010

Amazing ASI - Kesaksian Pengalaman Pribadi

13 September 2010 adalah hari yang bersejarah bagi saya dan baby vegan saya, Chavella Claresta Prajna. Hari itu tepat 6 bulan saya sukses memberinya ASI esklusif, dan hari itu untuk pertama kalinya saya memperkenalkan Makanan Pendamping (MP-ASI) kepadanya. Saya bahagia karena telah berhasil menginvestasikan kesehatan yang tepat untuk masa depannya, dan saya bertekad akan terus memberinya ASI sampai usia 2 tahun.

Daya Tahan Tubuh Mengagumkan

Saya telah memetik manfaat yang luar biasa atas pemberian ASI esklusif ini. Daya tahan baby saya sangat bagus. Ketika baru lahir, banyak tamu yang datang berkunjung dan ikut menggendong serta mencolak colek pipinya atau memegang anggota tubuhnya, puji syukur pada masa yang rentan untuk terserang virus-virus yang mungkin terbawa tamu-tamu yang berkunjung, kesehatan baby tidak terganggu. Pada usia satu setengah bulan baby juga sudah saya bawa ketika menghadiri seminar. Ketika itu saya sangat was-was karena sebagian besar peserta seminar adalah teman-teman saya yang pasti gemes dan tanpa sungkan menggendong atau mencolak-colek pipi babyku padahal tidak ada jaminan tangan mereka steril (di rumah kami menyediakan cairan steril yang kami oleskan di telapak tangan setiap kali ingin memegang atau menggendongnya) sedangkan baby sangat rentan terhadap serangan penyakit. Awalnya saya berhasil mencegah satu dua orang yang ingin menyentuhnya, namun lama kelamaan saya pasrah karena yang mendekati dan menyentuh baby semakin banyak dan saya sudah tidak dapat mencegah mereka satu persatu lagi. Lagi-lagi puji syukur, baby saya tetap sehat-sehat saja setelah pulang seminar.

Pada usia dua setengah bulan baby juga sudah saya bawa ke air terjun Cibodas-Puncak yang berhawa sangat dingin dan tentu saja dialah satu-satunya baby di sana. Cukup lama kami berada di sana. Pada usia dini tersebut kami juga sudah mengajaknya ke Lembang yang terkenal sebagai daerah yang juga sangat dingin.
Di usia 5 bulan kami membawanya berenang di apartemen yang berangin kencang dan sekali lagi puji syukur,selama dan setelah melakukan kegiatan tersebut babyku sehat-sehat saja. Kegiatan renang ini membuat orang-orang di sekitar kolam renang tertawa, takjub dan memuji kelucuan baby yang terlihat sangat gembira menggerak-gerakan kakinya yang mungil di air yang dingin.

Daya tahan tubuhnya teruji sekali lagi ketika suatu hari, saya, papanya dan kakaknya terserang batuk pilek, selama itu kami tetap tidur dan main bersamanya serta tetap menggendongnya seperti yang biasa kami lakukan, puji syukur daya tahannya luar biasa,baby tetap sehat τϊđακ terjangkit. Jadi di saat kami sekeluarga sakit flu baby malah tidak terserang.

Respon yang bagus

Baby saya selalu ceria,dan tenaganya kuat sekali. Jika memegang barang maka genggamannya sangat kuat. Bukan hanya memegang,baby juga sudah bisa mengangkat barang yang cukup berat untuk ukuran seusianya.

Respon dan daya tangkapnya bagus,ini dia tunjukkan ketika saya mengajarinya main cilukba. Saya menutupi wajah saya dengan bantal sambil memanggil namanya dari balik bantal setelah itu saya kemudian menyingkirkan bantal sambil berkat,"Cilukba! Setelah memberi contoh saya lalu menutup kembali wajah saya dengan bantal dan memanggil-manggil namanya dari balik bantal, baby segera tanggap, sambil tertawa-tawa dia lalu mendekati saya dan berusaha menyingkirkan bantal dari wajah saya.

Jika papanya pulang kerja dan kemudian memanggil-manggil namanya yang sedang berada di dalam kamar, baby dengan cepat memalingkan wajahnya ke arah pintu kamar, begitu pula jika dia mendengar suara kakaknya yang baru pulang sekolah. Ketika kemudian papa atau kakaknya menunjukkan wajah mereka di balik pintu kamar, baby akan segera menyambut mereka dengan wajah gembira dan tertawa senang.

ASI Menjalin Ikatan Bathin Yang Kuat

Berkat ASI, ikatan emosional baby kepada saya sangat dekat sekali,dengan bahasa babynya dia memberi tanda bahwa dia ingin selalu berada di dekat dengan saya, mamanya. Jika dia melihat kehadiran saya atau mendengar suara saya yang sedang berada di ruangan yang berbeda, maka baby yang sedang digendong mbak akan merengek-rengek untuk mencari perhatian saya dan baru akan berhenti ketika saya datang menghampiri untuk menggendongnya. Setiap malam dia akan menangis atau merengek mencari saya sebelum tidur. Pernah, suatu hari saya ada keperluan dan pergi tanpa membawanya dan baru tiba di rumah pk 12.00 malam.Setibanya di rumah ternyata bayi belum tidur dan sedang menangis keras di pangkuan mbak pengasuh padahal biasanya paling telat jam 9 sudah tidur. Saya segera menggendongnya, baby langsung berhenti menangis dan tidak lama kemudian tertidur nyenyak di samping saya. Sungguh mengharukan!

Itulah manfaat yang telah saya petik karena memberikan ASI kepadanya. Sungguh ASI adalah berkah TUHAN yang luar biasa yang merupakan hak anak untuk mendapatkannya. Sungguh disayangkan masih banyak ibu-ibu yang tidak memberikan ASI kepada bayinya tanpa rasa bersalah dan tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan /dibenarkan. Semoga dengan sharing ini, makin banyak ibu-ibu yang mau berjuang untuk memberikan ASI kepada bayi-bayinya.

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty