12 Jun 2009

Manfaat, Keamanan dan Perencanaan Menu Vegetarian dan Vegan Untuk Anak-anak (part 2)


Untuk part 1 silahkan baca di sini

Disusun tanggal 27 Oktober 1998 oleh Panel Ahli Gizi sebagai berikut:
Patricia R. Bertron, R.D.
Carol M. Coughlin, R.D.
Suzanne Havala, M.S., R.D., L.D.N., F.A.D.A.
Virginia Messina, M.P.H., R.D.
Neal D. Barnard, M.D.
Keamanan Pola Makan Vegan
Setelah kita mengetahui manfaatnya, apakah ada bukti yang menunjukkan bahwa pola makan vegan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anak-anak? Jawabannya jelas, ya! Menurut pernyataaan American Dietetic Association 29 “Pola makan vegan dan lakto-ovo vegetarian yang direncanakan dengan baik memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bayi, anak-anak, dan remaja serta mendorong pertumbuhan badan yang normal.”

Dalam sebuah studi yang melakukan test perkembangan kesehatan terhadap anak-anak vegetarian, terindikasi bahwa perkembangan umur mental anak-anak vegetarian lebih dari setahun lebih tua dibandingkan umur kronologis, hal ini berarti IQ di atas rata-rata (IQ rata-rata = 116) serta memberikan jaminan bahwa perkembangan otak adalah normal.30 Pertanyaan-pertanyaan yang meragukan tentang kecukupan pola makan nabati disuarakan oleh Dagnelie31 dan Dwyer32 yang meneliti pertumbuhan yang buruk pada anak-anak yang mengikuti diet makrobiotik yang ketat. Praktek pemberian makanan oleh keluarga-keluarga yang menerapkan diet makrobiotik dapat berbeda jauh dengan keluarga-keluarga yang menerapkan vegan. Beberapa pola makan makrobiotik yang ketat kekurangan kalori akibat pantangan lemak, dan pola makan ini telah diubah akhir-akhir ini dengan mengizinkan masuknya lemak, seperti lemak biji-bijian dan kacang-kacangan.33

(Catatan penerjemah : Diet makrobiotik adalah diet yang disesuaikan dengan iklim tempat tinggal. Padi-padian dan sayur-sayuran adalah menu utama ditambah sup, kacang, buah, biji-bijian, ikan dan hasil laut. Contoh : pada iklim dingin atau daerah tinggi dianjurkan makan makanan yang berasal dari hewani sedangkan untuk daerah iklim tropis dianjurkan makan sayur-sayuran yang segar dan mentah.)

Sebagian besar orang tua merasa mudah dalam merencanakan diet vegan yang mencukupi kebutuhan protein, kalori, vitamin dan mineral. Menerapkan pola makan vegan akhir-akhir ini memang jauh lebih mudah sejak produk makan vegetarian yang diperkaya kalsium, vitamin D, dan vitamin B12 tersedia di berbagai supermarket. Sebagai contoh, Jus jeruk merk Tropicana yang diperkaya, mengandung 350 milligram kalsium setiap 8 ons penyajian, dengan tingkat penyerapan 36 sampai 38 % menurut produsennya, bandingkan dengan susu sapi yang tingkat penyerapannya hanya 32%.34 Jus jeruk juga memasok cukup asam folat, vitamin C, dan fitokimia, tanpa lemak atau kolesterol. Hot dog vegetarian, burger vegetarian, susu kedelai yang diperkaya, deli slices vegetarian juga telah tersedia..

Kalori, protein, dan semua kebutuhan nutrisi dapat dipenuhi dengan mudah oleh pola makan vegan, diperkaya dengan vitamin B12.

• Kalsium - Beberapa sumber kalsium terbaik untuk para vegan di antaranya adalah susu kedelai yang diperkaya, jus cranberry, jeruk atau apel yang diperkaya, kol, mostar, lobak, kale, brokoli, blackstrap molasses, tahu yang diproses dengan kalsium sulfat, dan tempe. Penyerapan kalsium dari makanan-makanan ini sungguh mengagumkan.34

• Vitamin D - Vitamin D normalnya diproduksi oleh tubuh setelah kulit kita terpapar sinar surya. Jika anak-anak tidak terpapar sinar surya setiap hari atau tinggal di daerah subtropis, makanan yang diperkaya dan suplemen vitamin D (yang biasanya sudah terkandung dalam multivitamin biasa) telah tersedia.

• Protein - Pola makan nabati dapat mencukupi kebutuhan protein dengan mudah, meliputi semua asam amino esensial, bahkan tanpa kombinasi atau “komplementasi” protein secara terencana sepanjang asupan kalori terpenuhi. Sumber protein yang baik meliputi kedelai rebus, tahu, yogurt kedelai, tempe, seitan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan padi-padian utuh.

• Kalori - Keprihatinan muncul, karena peningkatan bulk (=massa makanan yang kaya air dan serat) yang terkandung dalam beberapa makanan vegan menyebabkan anak-anak merasa kenyang sebelum mengkonsumsi kalori yang cukup. Produk padi-padian yang telah digiling, sayuran yang telah dimasak, dapat mengurangi bulk makanan. Lemak biji-bijian dan lemak kacang-kacangan, alpukat, buah-buahan kering, dan lemak yang ditambahkan (misalnya lemak nabati) dapat mencukupi tambahan kalori yang terkonsentrasi tanpa bulk.

• Vitamin B12 - Diproduksi oleh mikroorganisme di usus halus manusia dan hewan, vitamin B12 yang diproduksi manusia tidak terserap dan tertahan dengan baik. Makanan nabati mengandung sedikit sekali nutrisi ini. Akan tetapi, hal ini sangat mudah sekali dipenuhi dari sereal yang diperkaya vitamin B12 (Kellogg’s Corn Flakes, Grape-Nuts, Total, Product 19), susu kedelai yang diperkaya, ragi (Red Star Vegetarian Support Formula), atau multivitamin biasa. Ketika membaca kandungan nutrisi, carilah kata “cyanocobalamin” atau “cobalamin”. Ini adalah bentuk vitamin B12 yang mudah diserap.

• Besi - Diet yang terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, padi-padian, legum, dan kacang-kacangan mencukupi kebutuhan akan zat besi.35-40 Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti jus jeruk, bersama-sama dengan makanan yang kaya zat besi, dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Beberapa makanan secara alami kaya zat besi dan vitamin C seperti brokoli, lobak/bit Swiss, dan sayuran berdaun hijau tua lainnya. Sumber lain zat besi yang baik meliputi sereal, roti, pasta, kedelai, buncis, dan blackstrap molasses yang diperkaya zat besi. Produk-produk dari susu sangat rendah zat besi dan dapat mengganggu keseimbangan zat besi, khususnya pada anak-anak.

• Seng—Sumber yang baik meliputi legum, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya seng (Bran Flakes, granola, Grape-Nuts, Special K). Bersambung ke part 3
(Diterjemahkan oleh dr. Hendry Widjaja, MARS dan Budi Utomo)

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty