26 May 2009

Nutrisi Untuk Remaja Vegetarian

Oleh : Reed Mangels, Ph.D., R.D.
Dewasa ini, semakin banyak remaja yang memilih pola makan tanpa daging hewan mamalia, unggas atau ikan. Mereka menjadi seorang vegetarian. Namun, dalam upaya untuk mempertahankan pola makan ini, mereka sering harus menghadapi tekanan-tekanan baik yang berasal dari orang tua yang mencemaskan kesehatan mereka, maupun tekanan dari dalam diri mereka sendiri.

Keanekaragaman Adalah Kunci Utama Diet Vegetarian Yang Sehat
Kemungkinan, pertanyaan terbesar untuk seorang remaja vegetarian adalah tentang kecukupan gizi makanannya. Sebenarnya, diet vegetarian dapat dinikmati oleh semua golongan umur. Kunci diet vegetarian yang sehat adalah keanekaragaman. Seperti halnya orang tua yang khawatir kalau anaknya hanya memakan hamburger, demikian juga mereka khawatir bila anaknya hanya memakan kentang goreng dan salad saja. Diet vegetarian yang sehat dan bervariasi mencakup buah, sayur mayur, padi-padian, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Remaja vegetarian mempunyai kebutuhan nutrisi yang sama dengan remaja non vegetarian. Umur 13-19 tahun adalah masa pertumbuhan yang cepat dan perubahan. Oleh sebab itu kebutuhan nutrisi mereka menjadi sangat tinggi selama masa tersebut. Yang mungkin menjadi pertanyaan apakah kebutuhan protein, kalsium, zat besi dan vitamin B12-nya dapat terpenuhi?

Bagaimana Dengan Protein?
Remaja vegetarian di Amerika Utara yang memakan makanan yang bervariasi hampir tak pernah mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan proteinnya, selama diet mereka mengandung kalori yang cukup untuk menunjang pertumbuhan. Kacang, roti, cereal, mentega kacang, tahu dan susu kedelai merupakan sumber protein yang baik. Tetapi buah dan lemak, tidak mengandung protein yang cukup, sehingga sering menjadi masalah bila hanya bergantung pada makanan tersebut.

Tidak perlu merencanakan kombinasi makanan untuk mendapatkan protein atau asam amino yang cukup. Gabungan dari protein nabati yang dimakan sepanjang hari sudah cukup menyediakan asam amino esensial yang dibutuhkan.

Zat Nutrisi Lain Untuk Remaja Vegetarian.

Kalsium
Nutrisi yang dibutuhkan selama masa remaja, terutama adalah kalsium, yang berguna untuk membentuk tulang. Kepadatan tulang ditentukan pada masa remaja dan dewasa muda, sehingga sangatlah penting untuk memakan tiga jenis atau lebih sumber kalsium dalam diet setiap hari. Sumber kalsium yang baik adalah tahu yang diproses dengan kalsium sulfat, sayur hijau, susu kedelai yang diperkaya kalsium dan jus jeruk.
Zat Besi

Kebutuhan zat besi pada remaja relatif tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan vegetarian yang bervariasi, seorang vegetarian akan dapat memenuhi kebutuhan zat besinya, sekaligus dapat menghindari kelebihan lemak dan kolesterol yang biasanya ditemukan pada daging sapi atau babi. Makanan yang tinggi zat besi mencakup brokoli, kismis, semangka, bayam, dan kacang-kacangan (misalnya kacang panjang, buncis,dll).

Untuk meningkatkan jumlah zat besi dalam makanan, makanlah makanan yang mengandung vitamin C sebagai tambahan. Brokoli, jus jeruk, tomat, dan buah lainnya adalah sumber vitamin C yang baik.

Vitamin B12
Beberapa sereal seperti Grape-Nuts dan susu kedelai yang diperkaya, mengandung vitamin B12 (perhatikan labelnya). Ragi Red Star T-6635 juga mengandung vitamin B12.
Makanan Cepat Saji Bagi Orang Sibuk.
Dengan banyaknya aktifitas di sekolah dan di luar rumah, remaja kelihatannya sering tidak lagi mempunyai waktu yang cukup untuk makan. Pilihlah beberapa makanan yang mudah disajikan seperti apel, jeruk, pisang, anggur, persik, plum, buah kering, mentega kacang, wortel, popcorn, pizza keju kedelai, salad, yogurt kedelai, susu kedelai, kue tepung beras, sandwich dll. Beberapa dari makanan ini bisa didapatkan di restoran cepat saji-periksalah di daftar menu.
Sumber : The Vegetarian Resource Group (http://www.vrg.org/)
Penerjemah : dr Hendy Widjaja, MARS

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty