22 Oct 2008

Pemanasan Global Dan Peternakan

Kiriman Jody Wijaya
Apa hubungan bahaya besar pemanasan global yang mengancam masa depan bumi dengan peternakan (konsumsi daging)? Peternakan baik potong maupun susu / telur adalah penyumbang kontribusi terbesar (gas metan dari kotoran ternak) bagi kerusakan lingkungan yang mengakibatkan pemanasan global yang akan menanti kita di kemudian hari yang indikatornya dapat dilihat dari kenaikan suhu dan pencairan es di kutub. Pencairan es di kutub itu sendiri bukanlah bahaya terbesar karena ada bahaya lain yang lebih besar jika es di kutub utara dan selatan mencair semua, yaitu gas metan yang cukup untuk membinasakan umat manusia di dunia, jadi dengan mengkonsumsi daging jelas kita bersumbangsih menghancurkan planet bumi kita ini.

Di link http://pemanasanglobal.net/ banyak dijelaskan oleh Master Ching Hai bahaya yang sedang menanti kita apabila kita terus mengembangkan peternakan. Untuk menutup peternakan jelas tidak mungkin jadi saya berharap partisipasi dari setiap orang untuk bervegetaris dan melakukan penghijauan untuk menyelamatkan bumi kita ini. Menanam pohon untuk penghijauan dibutuhkan waktu lama karena untuk menjadi pohon yang bisa menjadi paru-paru dunia dibutuhkan kira-kira 10 tahun, begitu juga kendaraan, adalah hampir mustahil untuk menghilangkan kendaraan.

Sedangkan solusi untuk memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan mungkin sudah ada tapi masih mahal dan butuh waktu yang lama sedangkan kita sekarang sudah diburu waktu untuk menyelamatkan bumi. Maka solusi yang paling cepat untuk menyelamatkan bumi kita adalah dengan menghentikan pemakaian produk / makanan dari binatang sehingga penawaran turun, selain itu menurut penelitian, hasil dari satu ha tanah untuk pertanian dibandingkan satu ha tanah untuk peternakan, pertanian jauh lebih menghasilkan kalori/ protein kira-kira 8 x lebih tinggi nabati ketimbang daging/ telur, selain itu peternakan kurang efektif sebab menghabiskan sumber daya alam seperti air, padang rumput lebih besar dibandingkan jika kita mengembangkan pertanian, dari sisi dampak kerusakan lingkungan juga peternakan jauh lebih merusak dibandingkan pertanian khususnya air yang tercemar oleh limbah kotoran hewan beserta tanah, kalaupun ada pendapat kotoran hewan bisa jadi pupuk , tidak semudah itu diolah sebab kotorannya sangatlah banyak, faktanya jarang peternakan yang mau mengolahnya untuk menjadi pupuk, yang ada paling dibuang ke laut atau sungai. Itulah sebabnya kita harus bervegetaris bukan cuma untuk kesehatan saja tapi memelihara bumi kita termasuk orang yang spiritual.
Temukan lebih banyak artikel serupa di http://pemanasanglobal.net/

Be Veg Go Green, Save the Planet --> Jadilah vegetarian, maka bumi hijau dan akan terselamatkan.

Jody Wijaya adalah salah satu praktisi meditasi Quan Yin

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty