13 Oct 2008

Ecky, Anjing Yang Vegetarian

Kiriman Lingling

Sejak kami sekeluarga menjadi vegetarian, anjing kami pun juga ikut kami bervegetaris.

Ternyata tidak susah untuk mengubah pola dan hobi makannya dari yang tadinya mengandung daging, diganti ke menu makanan kami sekeluarga sehari-hari, yaitu makanan tanpa daging sama sekali.
Anjing kami sama sekali tidak protes, justru perubahan yang signifikan terjadi pada anjing kami :

1. Sifatnya lebih penurut. Anjing kami tadinya bandellll, susah banget dinasehatin, usil banget. Tapi sejak bervegetaris, dia jadi lebih penurut. Bandelnya sih masih tetap ada, tapi lebih mau dengar kalau kami kasih tahu gak boleh begini, gak boleh begitu.

2. Jadi tambah suka berbagai jenis sayuran (hampir segala jenis sayuran suka), dan buah yang dia suka bertambah jenisnya. Kalau sayuran, dia juga suka makan sebagai lalapan, tapi tentu saja kami cuci bersih dulu sayurannya. Kalau makan kacang panjang, bisa habis minimal 5 biji. Kalau makan buncis, juga bisa habis banyak. Kita kasihnya satu persatu, kalau satu biji sudah habis, dia pasti gonggong ngotot mau minta lagi. Hehehe... Juga doyan tomat, bengkoang, wah banyak deh jenis sayuran yang dia suka.

3. Dari segi stamina dan kesehatan, anjing kami kelihatan lebih fit.

Dari sharing ini yang ingin saya sampaikan mudah sekali.. anjing saja tidak menolak untuk bervegetaris, dia terima saja apa yang diberikan majikannya kepada dia tanpa bertanya apa isi menunya. Bagi dia yang penting perutnya kenyang.

Jadi kenapa manusia masih banyak yang menolak ketika tahu menu yang diberikan kepada dia adalah vegetarian? Yaitu karena doktrin yang telah membatu di hati manusia yang diturunkan dari turun temurun. Dan doktrin ini begitu terpatri dengan sangat kuat di otak manusia, bahwa "makan daging adalah makanan wajib".

Satu hal lagi yang ingin saya sharing, dengan bervegetaris membuat emosi manusia lebih stabil, tidak lagi meledak-ledak. Kalau hati sedang marah, seakan-akan tidak ada dorongan untuk melampiaskan kemarahan itu sampai meledak keluar secara dahsyat. Kalaupun sampai marah, marahnya tidak sampai mengerikan.
Dari anjing kami saja bisa dibuktikan kok, sifatnya jadi lebih lembut.

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Vegetarian

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapatkan pemberitahuan update artikel dari New Vegetarian Planet langsung ke alamat Email Anda? Silahkan masukkan email Anda di bawah ini, setelah itu masuk ke inbox email Anda untuk mengaktifkan email dari FeedBurner:

Delivered by FeedBurner

From Me

New Vegetarian Planet is dedicated to promote understanding and respect for vegetarian lifestyles either from aspecs of spiritual, ethics, health, environment et cetera. May be copied only for personal use or by not-for-profit organizations. All copied and reprinted material written by me must contain weblog link http://www.newvegeplanet.blogspot.com
Finally, I hope more people will understand the reasons for choosing a vegetarian way of life. Come on to hold hands, we struggle for the safety of humans, animals, and this beloved earth through vegetarianism.
Best regards Liliyana Waty